Sunday, March 24, 2013

Ketahuilah Manfaat Brokoli Bagi Tubuh Anda

Brokoli sangatlah sering kita jumpai, bahkan nama brokoli sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, akan tetapi pernahkah anda menyangka bahwa manfaat brokoli sangatlah besar bagi tubuh ini karena kandungan gizi yang terkandung dalam sayuran ini. Sayuran yang mengandung Antioksidan dan Vitamin C, brokoli juga sebagai sumber alami untuk kebutuhan Asam Folfat. Asam Folfat adalah zat yang membantu pencegahan penyakit hati. Disamping itu sayuran hijau juga membantu kita untuk terhindar dari penyakit kanker.

Hasil penelitian menyatakan, bahwa sayuran brokoli sangat efisien mencegah serangan jantung dan stroke, zat kimia yang terkandung didalam brokoli (sulforaphane) berfungsi untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia mencegah penyumbatan arteri.Tanaman sayuran lain seperti bunga kol, tauge, kubis juga mengandung zat kimia ini, akan tetapi diantara sayuran-sayuran itu Brokolilah yang memiliki kandungan yang paling tinggi. Kandungan yang bermanfaat tersebut sangatlah banyak seperti Pro Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Seng, Sulforaphane, Karotenoid, Kalsium dan Zat Besi yang mana semua kandungan tersebut sangat di butuhkan oleh tubuh kita untuk melakukan aktivitas sehai-hari.


Adapun manfaat brokoli yang harus anda ketahui :

  • Memperbaiki dan mengoptimalkan kerja otak. Anda mengetahui penyakit kepikunan yang sering diderita orang tua saat ini? Brokoli sangat anti dengan penyakit ini, brokoli mempunyai kandungan senyawa yang mirip dengan obat penyembuh kepikunan itu. Untuk menjaga agar penyakit kepikunan atau disebut juga (Alzheimer)tidak kita derita nantinya, marilah kita awali dengan gaya hidup sehat dan perbanyak mengkonsumsi brokoli.
  • Membantu pengaturan gula darah. Banyak dijumpai para pengidap penyakit diabetes oleh para dokter tidak jarang dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran brokoli, kenapa? Brokoli memiliki kandungan chromium yang dapat mengatur gula darah tubuh.
  • Menghilangkan zat-zat yang dapat menimbutkan terjadinya kanker. Zat–zat penyebab terjadinya penyakit kanker dapat dihilangkan dengan menggunakan antioksida yang dimiliki oleh sayuran brokoli yaitu Sulforaphan. Zat lain yang dikandung brokoli adalah Bekarotin yang dapat mencegah kanker payudara pada wanita dan kanker usus besar pada manusia, dan juga dapat menghilangkan zat zat penyebab terjadinya kanker paru paru, perut, rahim dan kanker yang diderita lainnya

Manfaat brokoli yang lainnya adalah memperkecil resiko penyakit jantung dan stroke, dapat terhindar dari kanker kerongkongan, menghilangkan perkembangan sel kanker secara efisien, sebagai sumber anti oksidan yang sangat sempurna bagi tubuh, menjaga keseimbangan usus besar, sebagai obat penyembuhan penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah, menjaga mata dari penyakit mata seperti katarak, dan mencegah bayi lahir cacat serta menjaga kepadatan tulang pada manusia. Brokoli tidak hanya mengandung vitamin saja, akan tetapi brokoli juga mengandung banyak mineral didalamnya, seperti kalium, potasium, kalsium dan masih banyak lagi yang terkandung didalam brokoli. Kalsium yang ada pada susu yang setiap hari anda minum itu masih besar kandungan kalsium yang dimiliki oleh brokoli.

Beberapa tips untuk memilih brokoli

  • Pilih brokoli yang masih segar yang masih berwarna hijau segar.
  • Jangan memilih brokoli yang sudah layu atau berwarna kekuningan.

Begitu banyaknya manfaat brokoli bagi kesehatan kita bukan. Mari kita biasakan hidup sehat dengan mengkonsumsi brokoli secara teratur, jika anda tidak bisa memakan brokoli secara mentah, anda juga bisa mengkonsumsinya dengan memasaknya, mengolah menjadi masakan yang lezat. Bagaiman mudahkan untuk mengawali gaya hidup sehat.

1 comment: